Sabtu, 30 November 2013

Sejarah Musik GRUNGE !


 Sejarah musik grunge kita awali dengan asal kata grunge itu sendiri. Asal mula kata grunge berbeda-beda. Ada yang menyebutkan kalo kata grunge itu sendiri berasal dari kata sifat “Grungy” kata terbaru dari bahasa inggris-amerika, dan di tahun 1965 menurut bahasa slang grungy itu berarti “kotor” atau bisa juga “dekil”. Tapi di sisi lain, ada yang mengatakan dalam kamus bahasa slang amerika terbitan gramedia hanya ada dua kata yang mirip grunge, yaitu “Grungt” yang berarti muak dan “Grung” yang berarti muram. Terus ada juga yang mengatakan Grunchy yang artinya jorok. Nah dari situ mungkin sobat semuanya punya kesimpulan sebenarnya “GRUNGE” itu apa?.

Sekarang sejarah musik grunge kita lanjutin ke kapan tepatnya musik grunge ini lahir, banyak pihak yang mengatakan musik grunge lahir sekitar tahun 80-an, dikatakan musik grunge lahir karena banyak orang yang mulai bosan dengan musik keras berjenis Hard Rock ataupun Metal yang saat itu sedang mendominasi, dan dari situ muncul bebeapa band yang membawakan irama musik terbaru tetap keras namun berbeda, tapi tetap berakar pada jenis musik pendahulunya seperti Heavy Metal ataupun Hardcore Punk. Band-band yang lahir tersebut sebut saja Green River, Soundgarden, Skin Yard, Malfunkshun, dan The U-Men. Namun sejarah musik grunge disebutkan telah lahir di tahun 60-an, band-band yang membawakan musik grunge di tahu itu seperti Crossby, Still, Nash and Young, tapi sangat disayangkan band ini bubar karena di tahun 70-an musik punk sedang trend atu sedang naik daun. Dan hanya tinggal Neil Young yang tetap bisa bertahan sehingga membuatnya dijuluki “The Godfather Of Grunge”.

Disisi lain sejarah musik grunge ada yang mengatakan berawal dari konser salah satu musisi terkenal yang mendunia, yaitu Jimmy Hendrik, dia melakukan atraksi dalam konsernya menuangkan cat ke pada gitar miliknya sambil berteriak “GRUNGE!!”, dan dari situ munculah aliran musik grunge, secara Jimmy Hendrik adalah musisi kelas dunia jadi saat dia berteriak Grunge lalu dianggap sebagai aliran musik baru, nah kalo dia berteriak “WOOOW” berarti grunge tidak akan pernah ada mungkin, malahan yang ada jenis musik yang namanya “WOOOW”(konyol hahaha). Mungkin suatu kesalahan besar apabila meyakini suatu jenis musik baru lahir hanya dari teriakan seseorang, walaupun orang tersebut adalah musisi yang sangat terkenal dan menjadi idola di seluruh dunia. sejarah suatu aliran musik tentunya memilki fase-fase yang panjang, yang mencakup segala hal termasuk gaya hidup, begitupun dengan sejarah musik grunge.


Sejarah Musik Grunge - berdasarkan perkembangannya

 Dan sebelum kita lanjut bahas sejarah musik grunge yang berhubungan degan gaya hidup, kita bahas dulu sejarah musik grunge berdasarkan perkembangannya.
Disebutkan musik grunge mendapatkan tempat di hati pendengarnya di akhir tahun 80-an. Band-band yang mepunyai musik berirama grunge mulai mendapatkan kontrak dari label-label rekaman. Soundgarden dikatakan menjadi band pertama yang dikontrak oleh label besar, yaitu A&M records di tahun 1989, kemudian Alice In Chains oleh Columbia Records dan Pearl Jam oleh epic records. Selang beberapa kemudian, Nirvana dikontrak oleh label rekaman rekaman Geffen Records di tahun 1990. Memasuki era 90-an, grunge pun semakin melesat karena albumalbum band grunge semakin banyak meledak dipasaran, dankatanya album yang paling berpengaruh adalah album miliki Nirvana “Nevermind” juga album miliki Pearl Jam “Ten”.

Sejarah musik grunge berlanjut sob, karena grunge yang semakin populer, scene musik di kota Seattle berubah, dimana dulu tidak hanya terfokuskan oleh satu genre. Tapi memasuki era 90-an menjadikan Seattle sebagai “ibukota” grunge. Saking populernya grunge saat itu, para musisi wanita pun tidak mau kalah oleh musisi pria. Mereka membuat suatu gerakan yang dinamai Riot Grrrl. Ini adalah suatu gerakan dimana mereka ingin dihormati dan disejajarkan dengan kamu lelaki lewat gerakan gerakan ini. Band-band grunge yang semua personilnya di isi oleh kaum wanita pun mulai bermunculan, seperti Bikini Kill, Bratmobile dan Sleater-Kinney.

Dari sejarah musik grunge yang dilihat dari perkembanganya, dapat dilihat musik grunge di era 90-an sangat berkembang dengan baik. Namun makin tahun ke tahun musik grunge di daerah asalnya malah menurun drastis. Tapi disana kemudian muncul trend baru yang disebut Seattle Sound Coopment, yaitu pengembangan dan pencampuran antara musik grunge dengan musik Seattle Sound. Dan band-band yang mengusung jenis musik ini seperti Creed dan juga album terbaru miliki Bush dan Pearl Jam. Sedangkan Silverchair dengan kecerdasan yang dimilikinya dalam bermusik, berhasil menggabungkan antara Grunge, Seattle Sound dengan musik kontemporer atau modern. Dan mereka menyebut musik ini sebagai “Music Of Future”. Berbeda dengan sejaraha musik grunge di Australia, perkembangan musik grunge di sana terdongkrak oleh kebijaksanaan pemerintah setempat dalam bidang kepariwisataannya. Musik grunge di Australia dimasukan ke dalam agenda pariwisata, dicetak namnya dalam pamflet ataupu brosur dan juga main di pub-pub elit sehingga dapat disejajarkan dengan musik Jazz.


Sejarah Musik Grunge - Gaya Hidup

 seperti yang saya katakan tadi sejarah musik grunge memang tidak terlepas dari gaya hidup, dan disini kita bakal bahas karena suatu musik mempunyai gaya hidup yang dianut. Lalu sebnarnya seperti gaya hidup grunge sendiri? Sebenarnya gaya hidup grunge adalah gaya hidup yang erat kaitannya dengan sampah. Loh kok sampah/ tapi emang seperti itu sejarah musik grunge dilihat dari gaya hidupnya. Misalnya kaya gini sob, orang yang hidupnya ngeGrunge itu makan sehari-hari dari uang recehan yang dilempar orang lain atau hidup dari tunjangan pemerintah. Hidup ngeGrunge juga mabuk-mabukan terus tidur di jalanan bahkan sekali-kali melakukan tindak kriminal. Seprtinya gaya hidup seperti itu sangat tidak cocok untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi ada ngga yah yang hidupnya ngGrunge tapi baik hati? Ya mungkin juga banyak kali yah. Sperti halnya kata-kata ini “dibalik orang jahat pasti ada orang baik”(hehehe).

Oke balik lagi ke sejarah musik grunge dari gaya hidup yang berantakan. Sebenarnya para musisi pengusung musik grunge menolak tegas apabila dijuluki musisi grunge (ko bisa?). seperti halnya Sound Garden dan Alice In Chains mereka lebih bangga disebut sebagai musisi hardrock, yah meskipun kabanyakan orang menyebutkan mereka adalah mengusung musik grunge. Kemudian Silverchair dan Pearl Jam mereka lebih bangga jika disebut sebagai musisi Alternatif/Modern Rock. Hal ini dibuktikan pendapat dari Daniel John(silverchair) yang mengatakan dirinya sangat menyukai musik grunge tetapi menolak dengan keras bila disebut musisi grunge, dia menolak karena dia mereka mempunyai fasilitas hidup yang layak. Lanjut lagi sob sejarah musik grunge, mungkin paling menyakitkan bagi pecinta musik grunge. Nirvana dan Kurt Cobain juga sama menolak apabila mereka disebut sebagai musisi grunge. Cobain lebih senang apabila dirinya disebut sebagai Punkers. Karena Punkers lebih bisa berpikir dan menyelami jiwa masing-masing. Katanya Cobain sangat membenci ulah anak grunge yang sangat apatis dan egois. Christ Novoselic menjelaskan bahwa sebenarnya Cobain membentuk Nirvana menjadi sebuah band punk yang nuansanya sama seperti Sex Pistols, tapi mereka kekurangan referensi hingga jadilah Nirvana yang sering kita denger lagunya. Punk atau Grunge? Entahlah hehehe.

Tapi sob band-band tadi punya pendapat yang sama, yaitu grunge bukanlah gaya hidup yang mereka anut meskipun mereka memainkan musik yang bernuansa grunge, tapi grunge is soul yang mencerminkan tentang kejiwaan yang redup. Di Amerika sendiri kaum grunge sering berbaur dengan kaum punk, dan ketika ditanya kenapa tidak sekalian masuk dalam kaum punk? Mereka menjawab itu adalah masalah selera. Tidak semua orang menyukai hal yang sama. Jadi intinya dari sejarah musik grunge tentang gaya hidupnya adalah GRUNGE IS SOUL! bukan gaya hidup yang di anut oleh sebagian musisi pengusung musik grunge.

1 komentar:

  1. RGS:Ratujaya Grunge Seattlesound_Spull Cry and Sun Cry-People Grunge MampangPrapatan/Pomad/EmpangTiega/X-Bata
    Lenteng@Grunge Community-Sinyo Depok-TangGrunge is Dead-Insider Grunge Citayam-Navicula-Hate INC-Nifas-PONCOL41@MasihNgeGrunge is Dead-Punks Not Dead-Liat Konser Grunge Jakarta'Depok-GRUNGE INDONESIA BERSATU-INDONESIA GRUNGE COMMUNITY Stone Temple Pilots-Soundgarden-Alice In Chains-Pearl Jam-Nirvana-Mudhoney

    (kepingin gua punya koleksi kasetnye Bunga dari album pertama sampai album keempat secara gue juga lahir tahun 80an yang waktu itu artis selebritas trendseternye Galang Rambu Anarki dan Ine Febrianti; "Heavy Metal is Dead now its time for Grunge"

    BalasHapus