Kamis, 24 Januari 2013

10 daftar pasukan elit terbaik dunia

Teroris dan beberapa penyanderaan terhadap kaum tidak bersalah, memaksa negara untuk membentuk beberapa pasukan elite / khusus. Pasukan ini disebut khusus karena memiliki keahlian lebih yang tidak dimiliki pasukan lain. Berikut beberapa dari pasukan khusus dari berbagai negara
1.U.S._Navy_SEALs
Pasukan Khusus Amerika ini d ikenal karena kemampuan mereka bekerja di segala medan ( SEa, Air, Land – Laut, Udara, Darat ). Kemampuan mereka dalam pengintaian, anti-teroris, penyelamatan sandera dan pertempuran di perang tak diragukan lagi.
Operasi terbaik : Masih ingat jelas team inilah yang menembak mati Osama bin Laden di kediamannya di Pakistan. Selain itu, 3 Navy SEALs juga membunuh 3 perompak Somalia ketika kapten mereka disandera.
2.Alpha_Group
Didirikan tahun 1974, organisasi Rusia ini masih populer walaupun Uni Soviet sudah runtuh.
Operasi terbaik : Tahun 2004 sekolah Beslan disandera oleh pejuang separatis Chechen. Operasi yang berusaha menyelamatkan 1200 sandera ini, akhirnya menewaskan 31 teroris.
3.The_Kaibiles
Organisasi counter revolutionary Guatemala ini didirikan pada tahun 1975. Keahlian mereka bertahan di hutan belantara dan penyergapan pemberontakan dikenal dunia. Motto mereka “If I advance, follow me. If I stop, urge me on. If I retreat, kill me”
Operasi terbaik : 8 anggota Kaibiles harus tewas dalam operasi penyergapan di Kongo sebagai bagian dari pasukan keamanan PBB. Para prajurit tewas dalam upaya menangkap Deputy Commander of Uganda’s Lord’s Resistance Army.
4.Sayeret_Matkal
Ini adalah pasukan elite Israel. Keahlian mereka dalam pertarungan tangan kosong, beladiri dan mata-mata sangat ampuh. Sekarang ini mereka sepertinya disibukkan dengan penanganan teroris dan penyelamatan sandera.
Operasi terbaik : Operasi ini lebih dikenal dengan nama Operation Entebbe, yang berusahan menyelamatkan sandera penerbangan Air France 139 di Bandara Entebbe, Uganda. Terjadi tahun 1976, operasi ini akhirnya berhasil menyelamatkan sedikitnya 100 orang sandera dengan 1 prajurit Israel tewas, 45 tentara Uganda tewas, 6 penyandera tewas dan 3 sandera tewas.
5.Kopassus
Ini adalah pasukan terbaik Indonesia. Dibentuk pada tahun 1952, pasukan khusus ini telah banyak menyelesaikan misi -misi pemerintahan.
Operasi terkenal : Di tahun 1981, para radikal islam menyandera pewasat Garuda dengan nomor penerbangan 206. Setelah mendarat, pasukan Kopassus ini segera melancarkan operasi dengan membunuh 3 pembajak dan membebaskan 50 sandera.
6.Special_Service_Group_(SSG)
Mereka pasukan khusus Pakistan yang mempunyai keahlian dalam perang, sabotase, intelegen,l pertarungan jarak dekat dan mata-mata.
Operasi terkenal : Ditahun 1994, pembajak Afghanistan menyandera bus sekolah yang membawa 74 anak dan 8 guru. Dengan negosiasi yang tidak menghasilkan kesepakatan, SSG kemudian menggunakan ledakan untuk mengalihkan perhatian dan kemudian membunuh 3 pembajak.
7.Delta_Force
Ini juga salah satu pasukan special dari Angkatan Bersenjata Amerika. Dikenal juga dengan Special Force Operation Detachment – Delta.
Operasi terbaik : Pasukan ini memainkan peran penting dalam invasi Amerika ke Iraq tahun 2003. Dikatakan, mereka memasuki Baghdad untuk membuka jalan bagi pasukan lain dengan menyabotase sistem komunikasi Iraq.
8.British_SAS
Operasi terbaik : Diakhir 1980, terjadi krisis di Kantor Kedutaan Iran di London. Pasukan ini dengan granate untuk menarik perhatian teroris, dan dengan cepat membunuh 5 dari 6 teroris. Operasi ini menyelamatkan 19 sandera.
9.Eko_Cobra
Pasukan anti-teroris Austria ini beranggotakan sekitar 200 prajurit dan mempunyai kemampuan dalam memanjat dan keahlian militer lainnya.
Operasi terbaik : Pasukan ini adalah satu-satunya pasukan yang berhasil mengakhiri pembajakan pesawat bahkan ketika pesawatnya sendiri masih berada di udara. Pada tahun 1996, 4 anggota Cobra sedang berada di penerbangan Aeroflot Tupolev 154 untuk pengawalan tahanan ke Lagos. Tak disangka tahanan Nigeria ini mengancam awak pesawat dengan pisau dan meminta untuk dibawa ke Jerman atau Afrika Selatan. Pasukan Cobra ini kemudian berhasil melumpuhkan pria itu tanpa kerusakan pesawat atau melukai penumpang.
10.Special_Air_Service_Regiment
Pasukan elit khusus Australia ini lebih dikenal dengan nama SAS. Dibagi dalam 3 squardon, pasukan ini ahli dalam anti-teror, pengintaian dan mata-mata serta operasi penyerangan.
Operasi terbaik : Mark Donaldson dan Ben Roberts-Smith yang merupakan anggota SAS, telah diberi penghargaan Victoria Cross karena telah gagah berani di medan tempur di Afghanistan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar